Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:05:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-03-22T06:31:29Z2019-03-22T06:31:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/63203This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/632032019-03-22T06:31:29ZURGENSI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI ABAD 21Era globalisasi diwarnai dengan kompleksitas dan fenomena perubahan yang dinamis seiring dengan perkembangan zaman. Perubahan dan perkembangan tersebut terjadi pada setiap aspek kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Perubahan pembelajaran dalam abad 21 bergeser kepada bagaimana cara membekali siswa untuk berpikir kreatif. Siswa sebagai pembelajar harus diperhatikan karakteristik dan kebutuhannya. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan iklim kelas yang kondusif. Berbagai model pembelajaran dapat di lakukan oleh guru dengan berpusat pada siswa.
Kata kuci: Kompetensi guru, era globalisasi, abad 21Fathurrohman Fathurrohmanfathurrohman@uny.ac.id2016-12-15T02:58:50Z2019-01-29T09:00:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44726This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/447262016-12-15T02:58:50ZPenerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran PKn SD di PGSDPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn SD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, peneliti juga mengungkapkan peningkatan prestasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn SD melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas proaktif (proactive classroom action research) menurut Schmuck (1997). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil mata kuliah PKn SD. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran PKn SD. Data penelitian tentang partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan 51,11% mahasiswa sering menyampaikan ide/pendapat. 60% peningkatan mahasiswa sering bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. 48,89% peningkatan mahasiswa sering menghargai pendapat orang lain. 73,34% peningkatan mahasiswa sering memecahkan masalah dan 73,3% peningkatan mahasiswa sering menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran PKn SD. Dari hasil data penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi mahasiswa sebesar 20%.Fathurrohman Fathurrohman