Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:18:46ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-14T01:26:41Z2019-01-30T12:17:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44599This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/445992016-12-14T01:26:41ZRAGAM PERTANYAAN SISWA MAN YOGYAKARTA III KELAS X
DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN
PERBEDAAN POKOK BAHASANPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ragam pertanyaan siswa
MAN Yogyakarta III kelas X dalam pembelajaran biologi dan untuk mengetahui
keterkaitan antara ragam pertanyaan dengan pokok bahasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode observasi.
Penelitian dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Populasi pada penelitian ini adalah
siswa kelas X MIA MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2015-2016. Sampel pada
penelitian ini berjumlah 58 siswa yang terdiri dari kelas X MIA 1 dan X MIA 2
yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan berupa lembar obserbasi,
lembar analisis ragam pertanyaan kognitif, dan alat perekam video. Teknik analisis
data dilakukan secara deksriptif dengan menyusun secara sistematis data yang
diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi kemudian diinterpretasikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ragam pertanyaan
kognitif yang muncul dalam pembelajaran biologi yaitu C1 (40,7 %), C2 (38,5%),
C3 (6,6%), C4 (13,2%) dan C5 (1%). Ragam pertanyaan pada setiap pokok bahasan
berbeda karena setiap pokok bahasan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga
metode dan serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan juga berbeda.
Ragam pertanyaan kognitif yang muncul pada pokok bahasan ekosistem yaitu C1
(29.2%), C2 (44%), C3 (6,3%), C4 (18,8%) dan C5 (2,1%). Ragam pertanyaan
kognitif yang muncul pada pokok bahasan daur ulang limbah yaitu C1 (64.7%), C2
(11.8%), C3 (17.6%), dan C4 (5.9%). Ragam pertanyaan kognitif yang muncul
pada pokok bahasan Animalia yaitu C1 (54.5%), C2 (36.4%), dan C4 (9.1%).
Kata kunci: ragam pertanyaan, pembelajaran biologi, pokok bahasanAsri Fathianihayati