Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:13:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-09T02:53:15Z2019-01-30T05:18:47Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28055This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/280552015-11-09T02:53:15ZPENGARUH SARANA DAN PRASARANA RUANG GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PALEMBANGPENGARUH SARANA DAN PRASARANA RUANG GAMBAR MANUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 PALEMBANG
Oleh :
Faryo Zulmy Aswan
NIM 10505249001
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan mata pelajaran gambar teknik (2) Kelayakan sarana dan prasarana ruang gambar manual, (3) Pengaruh sarana dan prasarana terhadap hasil belajar, dan mengetahui berapa besar pengaruh sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 81 Orang. Dalam penelitian ini semua populasi diambil. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas intrument melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan dengan pengujian hasil validitas menggunakan product moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Alpha Chronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar siswa mata pelajaran gambar teknik masuk dalam kategori tinggi 57 siswa (95%), (2) Sebagian siswa yaitu 39 anak (65%) memberikan tanggapan positif mengenai sarana dan prasarana ruang gambar manual, sehingga dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana ruang gambar manual masuk dalam kategori kriteria sarana dan prasarana tinggi, (3) Terdapat pengaruh yang positif signifikan antara sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan dengan r= 0, 760, dan p sign= 0,000, besarnya sumbangan sarana dan prasarana ruang gambar manual terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran gambar teknik 58,6%. Kata Kunci Sarana dan prasarana ruang gambar manual, hasil belajar, gambar teknik.Zulmy Aswan Faryo