Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:36:02ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-12-13T02:49:20Z2019-05-09T09:08:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61932This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/619322018-12-13T02:49:20ZPelestarian Tradisi Mappaccing Suku Bugis Melalui Tarian Di Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk pelestarian
tradisi Mappaccing melalui tarian; (2) Makna simbol yang terkandung dalam
tradisi Mappaccing
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan semiotika. Setting penelitian adalah daerak Kuala Tungkal Kabupaten
Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Data yang diperoleh melalui observasi
partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis
menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bentuk revitalisasi tradisi
Mappaccing dalam tradisi pernikahan suku Bugis yaitu melaui suatu pertunjukan
tari sebelum pelaksanan acara Mappaccing; (2) Melalui pertunjukan tari
Mappaccing masyarakat bukan saja mengetahui tradisi saja, tetapi mengetahui
makna simbol yang terkandung dalam tradisi Mappaccing yang merupakan
ajaran-ajaran yang baik menuju bahtera rumah tangga dan untuk para generasi
baru (generasi dari suku Bugis) juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai
salah satu tradisi kebudayaan khas Bugis, dan dapat menjaga kelestarian dan
melestarikan tradisi di lingkungannya.Faridah Faridah2015-07-02T01:11:37Z2015-07-03T01:07:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21960This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/219602015-07-02T01:11:37ZMENJAWAB TANTANGAN GURU MASA DEPAN MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI SEBAGAI AGEN PEMBELAJARANPeran dan tanggung jawab guru masa mendatang akan makin kompleks. Sejalan dengan itu, persoalan mendasar mutu pendidikan dari sudut pandang output dikategorisasi ke dalam tiga bentuk kesenjangan: akademik, okupasional, dan kultural. Kondisi tersebut lebih lanjut meniscayakan pendekatan pendidikan yang berparadigma holistik sekaligus meminta model proses pembelajaran yang lebih relevan dan mencerdaskan. Dalam konteks itulah penguatan kompetensi guru sebagai agen pembelajaran menjadi penting, di samping perlunya praktik pedagogik produktif dalam pembelajaran.Yayat Hidayat Amiryeha_amir@yahoo.comFaridah Faridah