Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:01:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-11-12T04:27:39Z2019-11-12T04:27:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66632This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/666322019-11-12T04:27:39ZPengembangan Media Komik berbasis
Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas 5
SDPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media komik berbasis
pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif kelas 5 SD,
(2) mengetahui tingkat kelayakan media komik berbasis pendidikan karakter peduli
sosial pada pembelajaran tematik-integratif kelas 5 SD, dan (3) mengetahui
keefektifan komik berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran
tematik-integratif kelas 5 SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Subyek dalam penelitian ini adalah
ahli media, ahli materi, guru SD, dan siswa kelas 5 SDIT Ulul Albab 2 Purworejo.
Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket penilaian kualitas
kelayakan media komik, angket respon siswa, angket kepedulian sosial siswa, dan
tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji t-test (independent
samples t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media komik
berbasis pendidikan karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif
kelas 5 SD, (2) media komik yang dikembangkan layak berdasarkan hasil uji
kelayakan oleh ahli media, ahli materi, dan guru SD untuk seluruh aspek
memperoleh kategori sangat baik, dan (3) media komik berbasis pendidikan
karakter peduli sosial efektif berdasarkan data angket respon siswa, tes, dan angket
kepedulian sosial. Data angket respon siswa memperoleh kategori sangat baik.
Hasil uji-t diperoleh t
hitung
sebesar 9.543 dengan df sebesar 50 dan t
tabel
sebesar 2.008
pada taraf signifikan 5% maka t
hitung
lebih besar t
tabel
(t
h
: 9.543 > t
t
: 2.008) atau
signifikansi 0.000 di bawah nilai p < 0.05 sehingga dapat dinyatakan bahwa
terdapat perbedaan hasil postest secara signifikan pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Hasil perhitungan data angket kepedulian sosial siswa pada kelas
eksperimen yang diberikan media komik menunjukkan adanya peningkatan sebesar
75% termasuk kriteria sangat tinggi.
Kata kunci: karakter peduli sosial, media komik, pembelajaran tematik-integratifDeby Gemysa FaradibaC. Asri Budiningsih2015-06-29T02:35:48Z2019-01-30T00:17:25Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21844This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/218442015-06-29T02:35:48ZPerbedaan metode pembelajaran kooperatif teknik talking chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 WatesPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran kooperatif teknik Talking Chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Wates. Hasil belajar siswa dibatasi hanya pada pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan (ranah kognitif).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Wates yang berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan cara pengundian. Dari hasil undian diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Uji validitas instrumen soal hasil belajar dilakukan dengan uji validitas isi dan validitas empirik. Uji validitas isi dilakukan oleh expert judgment yaitu guru PKn kelas VII SMP Negeri 5 Wates. Sedangkan uji validitas empirik dilakukan dengan analisis butir soal dengan Microsoft Excel 2007 diperoleh 25 butir soal yang valid dari 30 butir soal pilihan ganda. Kemudian 25 butir soal yang valid digunakan untuk mengukur tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test (uji-t).
Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan antara metode pembelajaran kooperatif teknik Talking Chips dengan metode diskusi pada hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di SMP Negeri 5 Wates. Hal ini ditunjukkan dengan uji statistik nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung : 11,087 > ttabel : 2,000) dengan df 62 pada taraf signifikansi 5% dan nilai signifikansi (p) = 0,000 ˂ 0,05.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Talking Chips, Metode Diskusi, Hasil Belajar SiswaDeby Gemysa Faradiba