Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:27:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-13T08:37:48Z2019-05-09T07:57:17Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47038This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/470382017-02-13T08:37:48ZKeefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing ditinjau dari Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMPPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan problem solving terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; 2) keefektifan pendekatan problem posing terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; dan 3) perbandingan keefektifan dari pendekatan pembelajaran problem solving dan problem posing terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik pada pembelajaran bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas VIII B dan kelas VIII C. Kelas VIII B dikenai perlakuan berupa pendekatan problem solving dan VIII C dikenai perlakuan dengan problem posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman dan penalaran matematis. Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalonobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test. Data dianalisis menggunakan one sample t test, uji MANOVA dengan rumus T2 Hotteling, dan uji t dengan kriteria Bonferroni.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem solving efektif terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; 2) pendekatan problem posing efektif terhadap kemampuan pemahaman dan penalaran matematis; dan 3) pendekatan problem solving lebih efektif daripada pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis tetapi pendekatan problem solving tidak lebih efektif daripada pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ngaglik pada pembelajaran bangun ruang sisi datar.Harinda Nurril Falach