Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:27:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-28T07:11:22Z2019-01-30T10:04:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37836This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/378362016-07-28T07:11:22ZTINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK DAN PERSEPTUAL MOTORIK
SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA
DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH
TONGGALAN KLATENSiswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten yang mengikuti
ekstrakurikuler sepakbola selama ini kemampuan motorik dan perseptual
motoriknya belum tersedia atau terdokumentasikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar kemampuan motorik dan perseptual motorik siswa
yang mengikuti ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan
Klaten.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode
survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen
penelitian menggunakan tes kemampuan motorik dari Nurhasan (2004: 6.6)yang
meliputi: kelincahan, koordinasi mata tangan, keseimbangan dan kecepatan. Tes
ini mempunyai validitas sebesar 0,87 dan reliabilitas sebesar 0,93 dan tes
perseptual motorik untuk siswa Sekolah Dasar dari Hari Amirullah Rachman
(2004)dengan reliabilitas 0,92. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa peserta
ekstrakurikuler sepakbola di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tonggalan Klaten
yang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif dengan
persentase.
Hasil penelitian kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler
sepakbola di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten sebagai berikut: terdapat 1
siswa (9,78 %) dalam kategori baik sekali, 9 siswa (25,00 %) dalam kategori baik,
17 siswa (47,22 %) dalam kategori sedang, 7 siswa (19,44 %) dalam kategori
kurang, dan 2 siswa (5,56 %) dalam kategori kurang sekali. Selanjutnya hasil
penelitian kemampuan perseptual motorik siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola
di SD Muhammadiyah Tonggalan Klaten sebagai berikut: terdapat 2 siswa (5,56
%) dalam kategori baik sekali, 13 siswa (36,11 %) dalam kategori baik, 11 siswa
(30,36 %) dalam kategori sedang, 2 siswa (5,56 %) dalam kategori kurang, dan 8
siswa (22,22 %) dalam kategori kurang sekali.`Fakhreza Ramadhan