Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:20:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-14T05:02:12Z2019-01-30T14:49:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52054This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/520542017-08-14T05:02:12ZIMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI SEKOLAH DI KELAS RENDAH SD NGOTO SEWON BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program literasi di kelas rendah SD Ngoto Sewon Bantul yang meliputi tujuan program literasi, pelaksanaan program literasi dan hambatan dalam pelaksanaan program literasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai human instrument. Penelitian dilaksanakan di SD Ngoto Sewon Bantul selama bulan April sampai bulan Mei 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas rendah, dan siswa kelas rendah SD Ngoto. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: (1) Tujuan program literasi adalah mengembangkan kebiasaan membaca dan meningkatkan kemampuan literasi. (2)Kegiatan yang menunjang program literasi meliputi Sabtu membaca, membaca senyap, membaca terbimbing, membaca mandiri dan membaca bersama serta lomba literasi. (3) Terdapat upaya menciptakan sarana dan lingkungan kaya literasi dengan adanya area baca, perpustakaan, warung ilmu, sudut baca di setiap kelas, slogan dan kampanye membaca serta pajangan hasil karya siswa. (4) Guru bertanggung jawab memberikan pendampingan dalam pelaksanaan program literasi serta adanya pelibatan orang tua siswa program literasi. (5) Hambatan dalam pelaksanaan program literasi berupa waktu dan karakter siswa.
Kata Kunci: implementasi program literasi sekolahFajarwati Fajarwati2017-07-21T01:58:21Z2019-10-01T11:35:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50912This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/509122017-07-21T01:58:21ZLAPORAN PPL/MAGANG III
DI SD NEGERI GEMBONGANPraktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan keterampilannya dalam pendidikan baik itu dalam mengajar maupun administrasi sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada semester khusus dari bulan Juli sampai September tahun 2016. Tujuan dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam mengajar di sekolah atau lembaga guna meningkatkan kompetensi keguruan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari lingkungan dan permasalahan di sekolah atau lembaga terkait serta memungkinkan mahasiswa menerapkan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki di sekolah atau lembaga pendidikan.
Sekolah Dasar Negeri Gembongan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai sekolah yang digunakan untuk PPL tahun 2016. Sekolah Dasar Negeri Gembongan merupakan salah satu SD inti yang berada di Kecamatan Sentolo.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan selama 2 bulan, dimulai pada 18 Juli sampai 15 Sebtember 2016. Mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL di sekolah baik kegiatan mengajar maupun non mengajar dari hari Senin hingga hari Jum’at. Selama 2 bulan di sekolah, mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar dan non-mengajar. Kegiatan mengajar dilakukan minimal 8 kali mengajar di tambah 2 kali ujian. Kegiatan mengajar terbagi menjadi dua yaitu mengajar terbimbing dan mengajar mandiri. Mahasiswa melaksanakan kegiatan mengajar mandiri sebanyak 4 kali dan mengajar terbimbing 4 kali. Sebelum mengajar, mahasiswa menyusun perangkat pembelajaran seperti rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran beserta peralatan mengajar lainnya. Kegiatan non-mengajar berupa membantu administrasi sekolah seperti membantu pembukuan dan pendindingan dan lain sebaginya.
Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman di sekolah guna mengembangkan kompetensinya sebagai guru, memberikan kesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah beserta permasalahan yang terjadi di sekolah baik itu dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran di kelas. Praktik Pengalaman Lapangan juga memberikan kesempatan pada mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya di sekolah.Fajarwati Fajarwati