Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:03:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-31T02:12:11Z2019-10-01T11:35:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48425This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/484252017-03-31T02:12:11ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)Program PPL ini merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa, khususnya
mahasiswa dari jurusan pendidikan dalam mengamalkan dan mempraktikan serta berbagi
ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkannya secara nyata di lingkungan
sekolah. Tujuan dari kegiatan PPL ini adalah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi guru
atau tenaga dalam bidang kependidikan yang profesional dan mendapatkan bantuan
pemikiran tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanakan
pengembangan pembelajaran disekolah atau di masyarakat.
Sebelum pelaksanaan program kegiatan PPL dilakukan persiapan terlebih dahulu
dengan praktik pembelajaran “Micro Teaching” di bangku perkuliahan. Sedangkan
sebelum pelaksanaan program PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi ke
lapangan yaitu sekolah atau lembaga-lembaga kependidikan yang bersangkutan. Hasil
Observasi tersebut kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam pembuatan program kerja
kelompok maupun individu.
Praktikan pada kegiatan PPL Terpadu ini mendapatkan tempat di SMA N Sedayu,
Bantul. Kegiatan PPL Terpadu ini memiliki tujuan untuk pelaksanaan program individu
serta guna mendapatkan suatu pengalaman mengenai proses pembelajaran dan metode
pembelajaran dan metode pembelajaran, serta proses kegiatan yang berkaitan erat dalam
dunia kependidikan guna dijadikan sebagai suatu bekal untuk menjadi seorang calon
tenaga kependidikan atau guru yang dapat memiliki nilai, sikap, pengetahuan,
keterampilan, dan keprofesionalan yang cukup tinggi.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan sangat membantu
melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta
mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan
diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas.
Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh
guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan di
sekolah seperti yang dilakukan guru-guru. Dengan adanya pengalaman tentang
penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga
pendidik yang profesional. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh
pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan jalinan
komunikasi dan kerjasama dengan SMA N 1 SedayuFajar Yahya Fajar Yahya