Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:01:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-08-21T00:20:58Z2019-03-11T02:14:35Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25324This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/253242015-08-21T00:20:58ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SISWA
KELAS ATAS SD NEGERI 2 SENON, KEC. KEMANGKON,
PURBALINGGA DALAM MENGIKUTI
PEMBELAJARAN PENJASPenelitian ini berawal dari permasalahan bahwa seringkali siswa kelas atasSD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon, Purbalingga tidak mengikuti pembelajaran
penjas yang dikarenakan berbagai alasan. Atas dasar permasalahan tersebut,
peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui faktor apa sajayang mempengaruhi motivasi siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon,
Kec.Kemangkon, Purbalingga dalam mengikuti pembelajaran penjas.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif yang menggunakanmetode survei yang ingin menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi motivasisiswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon, Purbalingga dalam
mengikuti pembelajaran penjas. Populasi yang sekaligus sebagai sampel
penelitian adalah siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec.Kemangkon,Purbalingga yang berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket
skala sikap yang terdiri dari 25 pertanyaan yang terbagi menjadi 16 pertanyaanuntuk faktor instrinsik dan 9 pertanyaan untuk faktor ekstrinsik. Tingkatreliabilitas instrumen 0,822 dan pengujian validitas melalui expert judgement.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik yang mempengaruhimotivasi siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec. Kemangkon, Purbalinggadalam mengikuti pembelajaran penjas adalah sebesar 70%. Faktor ekstrinsik yang
mempengaruhi motivasi siswa kelas atas SD Negeri 2 Senon, Kec. Kemangkon,Purbalingga dalam mengikuti pembelajaran penjas adalah sebesar 69%.Fajar Setyoadi