Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:37:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-10T02:19:20Z2019-10-01T11:48:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34327This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/343272016-06-10T02:19:20ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib
yang harus ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan
untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di
sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau
kependidikan; memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal,
mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses
pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam
pembelajaran di sekolah.
Pendekatan yang digunakan dalam mengajarkan materi adalah pendekatan
Saintifik. Model pembelajaran mengunakan Discovery Learning dan Problem Based
Learning. Discovery Learning yaitu strategi pembelajaran yang dirancang sedemikan
rupa sehingga siswa dapat menemukan konsep-konsep dan prinsip melalui proses
mentalnya sendiri, dalam menemukan konsep, siswa melakukan penamatan,
menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan dan menarik kesimpulan. Problem
Based Learning yaitu strategi pembelajaran yang mengunakan proyek/kegiatan
sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan. Pendekatan pembelajaran terletak pada aktivitas peserta didik untuk
memecahkan masalah dengan menerapkan ketrampilan meneliti, menganalisis,
membuat sampai dengan mempresentasikan pembelajaran berdasarkan pengalaman
nyata. Media yang digunakan pada pembelajaran di kelas XI adalah White Board,
handout, jobsheet, papan flannel dan powerpoint pada pelajaran pengolahan dan
penyajian makanan kontinental dan tata hidang.
Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik diantaranya
dapat menambah pengalaman dan wawasan, memberikan kesempatan bagi
mahasiswa untuk mengetahui secara lebih dekat aktivitas dan berbagai permasalahan
yang terkait dengan proses pembelajaran meskipun terdapat hambatan-hambatan
selama pelaksanaan kegiatan diantaranya masalah komunikasi dan koordinasi antara
pihak sekolah dengan mahasiswa PPL supaya lebih ditingkatkan kembali agar
tercipta suasana yang kondusif dalam pelaksanaan PPL.Selain itu kerjasama yang
telah terjalin dengan baik antara pihak sekolah dan pihak universitas diharapkan dapat
terjalin lebih erat.Fajar Dwi Safitri Fajar Dwi Safitri