Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:31:06ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-11-09T01:53:08Z2019-01-30T05:18:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28040This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/280402015-11-09T01:53:08ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR
MATA DIKLAT PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK
SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
SMK NEGERI 1 SEDAYUFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR
MATA DIKLAT PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK
SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
SMK NEGERI 1 SEDAYU
Oleh: Fajar Adi Nugroho
NIM. 06501241007
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh antara Konsep diri
terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa
Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu (2) Mengetahui
pengaruh Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan
Dasar Instalasi Listrik Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK
Negeri 1 Sedayu. (3) Mengetahui pengaruh Konsep diri dan Kemandirian belajar
terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa
Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. sampel
penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1
Sedayu yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan
analisis regresi ganda dengan menggunakan variabel Konsep diri (X1),
Kemandirian Belajar (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi
Belajar (Y)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan Konsep diri terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar
Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% thitung lebih besar
dari ttabel (3,570 > 1,664). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar Instalasi
Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% jadi thitung lebih besar dari
ttabel (3,245 > 1,664). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Konsep
diri dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar
Pemasangan Dasar Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5%
Fhitung lebih besar dari Ftabel (8,573 > 3,13).
Kata Kunci : konsep diri, kemandirian belajar, prestasi.Adi Nugroho Fajar2012-12-05T02:31:01Z2019-01-29T17:27:52Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8275This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82752012-12-05T02:31:01ZFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR PEMASANGAN DASAR INSTALASI LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK
SMK NEGERI 1 SEDAYU
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh antara Konsep diri
terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa
Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu (2) Mengetahui
pengaruh Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan
Dasar Instalasi Listrik Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK
Negeri 1 Sedayu. (3) Mengetahui pengaruh Konsep diri dan Kemandirian belajar
terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemasangan Dasar Instalasi Listrik Siswa
Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. sampel
penelitian ini adalah siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1
Sedayu yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi sederhana dan
analisis regresi ganda dengan menggunakan variabel Konsep diri (X1
),
Kemandirian Belajar (X 2
) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi
Belajar (Y)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan Konsep diri terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar
Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% t
hitung
lebih besar
dari ttabel
(3,570 > 1,664). (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Pemasangan Dasar Instalasi
Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5% jadi thitung
lebih besar dari
t
tabel
(3,245 > 1,664). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Konsep
diri dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar
Pemasangan Dasar Instalasi Listrik, dibuktikan dengan pada taraf signifikansi 5%
Fhitung lebih besar dari F
tabel
(8,573 > 3,13).
Kata Kunci : konsep diri, kemandirian belajar, prestasi.
Adi Nugroho Fajar