Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:01:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-10T03:41:51Z2019-10-01T11:35:23Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51847This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/518472017-08-10T03:41:51ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang
wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan.
Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk
menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai,
sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang
menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2015 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang
beralamat di Jln. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari,
Gunungkidul.
Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan.
Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru
pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus,
modul, buku kerja guru meliputi dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL,
penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi
kompetensi kejuruan “Teknik Elektronika Dasar”, “Teknik Mikroprosesor”, dan
“Teknik Listrik”. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan
15 September 2016, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 9 jam tiap
minggu.
Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar
bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan
kelas. Penulis menghimbau SMK N 2 Wonosari untuk menambah sarana dan
prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga
menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya
terhadap mahasiswa PPL sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman
Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.Fahrurozi Ramantyo Setiaji Fahrurozi Ramantyo Setiaji