Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:38:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-30T10:30:10Z2019-01-29T03:02:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17830This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/178302015-04-30T10:30:10ZPENGARUH PARTISIPASI SISWA DI KELAS DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS
MAN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013PENGARUH PARTISIPASI SISWA DI KELAS DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS
MAN TEMPEL TAHUN AJARAN 2012/2013
Oleh:
Elly Febriyani
09403244038
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pengaruh Partisipasi Siswa di Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013; (2) Mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013; (3) Mengetahui Pengaruh Partisipasi Siswa di Kelas dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini termasuk jenis kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah 72 siswa. Uji instrumen dilaksanakan pada 36 siswa kelas XI IPS MAN Pakem. Pengumpulan data dengan metode observasi, kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh Partisipasi Siswa di Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dan pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi serta analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh Partisipasi Siswa di Kelas dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Partisipasi Siswa di Kelas terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, yang ditunjukkan dengan rx1y (0,441) dan r2x1y (0,195), harga thitung (4,113) > ttabel (1,666) pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, yang ditunjukkan dengan rx2y (0,277) dan r2x2y (0,077), harga thitung (2,416) > ttabel (1,666) pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Partisipasi Siswa di Kelas dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Tempel Tahun Ajaran 2012/2013, yang ditunjukkan dengan Ry(1,2) (0,547) dan R2y(1,2) (0,300), harga Fhitung (14,767) > Ftabel (3,140) pada taraf signifikansi 5% dengan N = 72, Sumbangan Relatif (SR) Partisipasi Siswa di Kelas sebesar 69,83%, Sumbangan Relatif (SR) Lingkungan Sekolah sebesar 30,17%, Sumbangan Efektif (SE) Partisipasi Siswa di Kelas sebesar 20,95% dan Sumbangan efektif (SE) Lingkungan Sekolah sebesar 9,05%.ELLY FEBRIYANI ELLY