Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:32:22ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-13T02:08:06Z2019-01-29T17:46:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8766This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87662012-12-13T02:08:06ZIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi dan
mengetahui respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran
2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun
ajaran 2011/2012 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang
digunakan antara lain analisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan
penyimpulan, serta analisis data kuantitatif yakni penilaian aktivitas belajar Akuntansi
dan respons siswa terhadap implementasi pembelajaran Think Pair Share.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
aktivitas belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi yang diperoleh
dari indikator membaca materi, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman,
mengemukakan pendapat atau gagasan saat diskusi kelompok atau presentasi
kelompok, menanggapi pendapat orang lain, memperhatikan atau mendengarkan
penjelasan materi dari guru dan teman lain, membuat catatan, melakukan diskusi
dalam kelompok, mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru, dan kepedulian
terhadap kesulitan sesama anggota kelompok menunjukkan bahwa telah terjadi
peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar Akuntansi yakni 65,32% pada siklus I
menjadi 88,55% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar Akuntansi juga terlihat
dari skor rata-rata angket yang menujukkan angka sebesar 75,42% pada siklus I, dan
meningkat menjadi 91,75% pada siklus II. Hasil wawancara untuk aktivitas belajar
Akuntasi menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung, seluruh indikator
menunjukkan skor di atas 75%.
Respons siswa terhadap pembelajaran Think Pair Share adalah positif. Hal ini
terbukti dari hasil penelitian yang dipeoleh dari angket dengan menggunakan empat
indikator respons yakni ketertarikan, manfaat, kendala, serta harapan dan saran untuk
model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan skor rata-rata 76,43%. Hasil
angket ini juga didukung dari hasil wawancara yang diperoleh. Hasil wawancara dari
seluruh indikator respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think
Pair Share menunjukkan skor di atas 90%.
Kata kunci : aktivitas belajar Akuntansi, respons, TPS, SMA Negeri 2 WonosariKUSUMA FEBRIAN WIDYA