Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:46:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T02:39:30Z2019-10-01T12:00:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37034This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/370342016-07-22T02:39:30ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA
Jalan Nitikan No. 48, Umbulharjo, Yogyakarta
Periode 1 Juli 2014 – 17 September 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang
salah satunya berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah dilaksanakan
oleh mahasiswa pada tanggal 01 Juli sampai dengan 17 September 2014. Kelompok
PPL di lokasi ini terdiri dari 6 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Teknik
Informatika. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk
memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata
sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di
bidangnya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan
soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya.
Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa
menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimualai dari melakukan
observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan
bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi
dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas
langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik
Pengalaman Lapangan. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan
arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan
sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di
kelas, mahasiswa PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing
dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh
guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi
pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan
RPP selanjutnya.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah terlaksana sebanyak 23 pertemuan
yang terdiri dari tiga mata pelajaran, yaitu Pengolahan Citra Digital kelas XI MM,
Tata Cahaya dan Audio Editing kelas XII MM. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa
telah membuat RPP dengan rincian 2 RPP Pengolahan Citra Digital masing-masing
4 pertemuan untuk kelas XI MM 1 dan XI MM 2, 3 RPP Tata Cahaya 3 pertemuan
untuk kelas XII MM 1 dan 4 pertemuan untuk kelas XII MM 2, serta 3 RPP Audio
Editing masing-masing 4 pertemuan untuk kelas XII MM 1 dan XII MM 2. Dari
hasil pelaksanaan RPP, siswa telah mencapai KKM mencapai 90%. Sehingga RPP
yang mahasiswa buat dapat dikatakan telah berhasil.FATONAH DWI PUTRI FATONAH DWI PUTRI