Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:46:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-01-09T03:17:38Z2019-10-01T11:35:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45532This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/455322017-01-09T03:17:38ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI :
SMA N 1 CANGKRINGAN
Jl. Merapi Golf, Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan, Sleman,
Daerah Istimewa YogyakartaPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
dengan bobot 3 SKS yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan di SMA N 1 Cangkringan Sleman terletak di
Jl Merapi Golf Bedoyo, Wukirsari, Cangkringan Sleman, Yogyakarta. Tujuan dari
program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik
dan atau tenaga kependidikan yang profesional di dalam bidangnya.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tanggal 15 Juli
sampai 15 September 2016. Sebelum melakukan Praktik mengajar mahasiswa
melakuk observasi terlebih dahulu untuk mengetahui karakteristik sekolah dan
peserta didik. Setelah mengetahui karakteristik sekolah dan peserta didik kemudian
merencanakan rencana pembelajaran dengan berkonsultasi pada DPL PPL dan guru
pamong untuk membuat rencana pembelajaran dan progam kerja. Dalam praktik
pengalaman lapangan ini mahasiswa juga dilatih membuat administrasi sekolah.
Untuk praktik mengajar di kelas, kelas XI IPA 2 dan XI IPS 1.
Dalam praktel PPL ini menghasilkan 16 kali pertemuan dengan 6 kali
pertemuan dengan kelas IPA 2 dan 10 kali pertemuan dengan IPS 1. Program kerja
yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan dan
kegiatan diluar pembelajaran agar mahasiswa mengenal sistem manajemen yang ada
disekolah. Selama praktik pengalaman lapangan yang sudah dilaksanakan terdapat
beberapa kesimpulan yaitu peserta didik SMA N 1 Cangkringan mengikuti proses
pembelajaran dengan tertib dan mempunyai nilai kebersamaan yang tinggi dalam
belajar.FAJAR WISNU WIJAYANTO FAJAR WISNU WIJAYANTO