Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T11:59:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-20T02:10:05Z2019-10-01T11:47:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35000This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/350002016-06-20T02:10:05ZLAPORAN INDIVIDU
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI 1 KOTA MAGELANG
KOTA MAGELANGProgram Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk membantu
mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi
tenaga pendidik yang profesional. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk
menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara
interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan.
Kegiatan PPL yang dilakukan di SMAN 1 Magelang adalah kegiatan praktik
pembelajaran yang bersifat umum.
Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dan
ujian praktik mengajar. Metode mengajar yang digunakan pada setiap kelas yaitu
metode kolaborasi (gabungan) antara metode ceramah, diskusi, tanya jawab,
penugasan, unjuk kerja, dan demonstrasi. Sehingga kegiatan pembelajaran akan
mudah diterima oleh siswa seuai dengan kemampuannya masing-masing.
Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariasi. Oleh karena itu,
dalam pembelajaran di setiap kelas mengharuskan adanya metode pembelajaran
yang dapat mencakup semua karakter dan kemampuan siswa.
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas, tujuan
jangka pendek yang dapat ditetapkan dapat tercapai dengan presentase akhir
81%. Persiapan matang sebelum mengajar sangat diperlukan agar kegiatan
pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari perangkat pembelajaran,
penguasaan materi, dan kesiapan mental pendidik. Karakteristik siswa yang
khusus dan beraneka ragam mengharuskan seorang pendidik untuk dapat
memahami setiap siswa berdasarkan kemampuannya, dapat mengelola siswa
secara optimal, memilih dan menggunakan teknik yang tepat dalam mengajar,
serta mengelola waktu dengan efektif.FAIZAL MUHAMMAD PRAMUDYA FAIZAL MUHAMMAD PRAMUDYA