Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:50:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-23T01:15:04Z2019-01-30T11:01:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41494This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/414942016-09-23T01:15:04ZKEEFEKTIFAN STRATEGI TRANSITION-ACTION-DETAILS (TAD)
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN
PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGOPenelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji perbedaan yang signifikan
kemampuan menulis cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan
strategi TAD dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi
konvensional; (2) menguji keefektifan strategi TAD dalam pembelajaran menulis
cerpen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan rancangan pre-test post-test control
group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa
strategi pembelajaran TAD dan variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen.
Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pengasih. Sampel
diambil dengan teknik simple random sampling, ditetapkan Kelas X2 sebagai
kelompok eksperimen dan Kelas X4 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis cerpen. Validitas
instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya
(expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan
taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji
prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan
kemampuan menulis cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan
strategi TAD dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi
konvensional; (2) strategi pembelajaran TAD efektif digunakan dalam pembelajaran
menulis cerpen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel berhubungan kelompok
eksperimen. Hasil penghitungan uji-t data pretes dan postes kelompok eksperimen
diperoleh nilai thitung sebesar -11.383 dengan db 31 dan nilai p sebesar 0.000 (p <
0.05). Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 14.07,
sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol hanya mengalami kenaikan sebesar 8.42.Erma Erma Setyani