Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:44:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-19T06:55:09Z2019-01-29T19:07:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13350This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/133502015-03-19T06:55:09ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK CARD SORT SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR 1 PEDES, SEDAYU, BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Active Learning teknik Card Sort, dan 2) meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Active Learning teknik Card Sort pada siswa kelas VA SD 1 Pedes.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VA SD 1 Pedes tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 siswa dan 7 siswi. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah: 1) tes menulis puisi, 2) observasi, dan 3) catatan lapangan. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi proses pembelajaran dan catatan lapangan mengenai pelaksaan pembelajaran, sedangkan untuk menganalisis hasil tes keterampilan menulis puisi digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Active Learning teknik Card Sort dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis puisi. Peningkatan kualitas proses pembelajaran pada siklus I ditunjukkan dengan sebagian besar siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran model Active Learning teknik Card Sort meskipun beberapa masih enggan berdiskusi kelompok, sedangkan pada siklus II keseluruhan siswa sudah aktif dan partisipatif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Selain itu, peningkatan hasil keterampilan menulis puisi menggunakan model Active Learning teknik Card Sort pada siklus I sebesar 11,35, kondisi awal 62,75 meningkat menjadi 74,10 dan pada siklus II meningkat sebesar 17,77 menjadi 80,52. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa telah meningkat setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Active Learning teknik Card Sort.
Kata kunci: keterampilan menulis puisi, model active learning teknik card sort, anak SDKhristyanti Erlita Winda