Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T02:35:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-18T06:48:05Z2019-10-01T11:47:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36644This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/366442016-07-18T06:48:05ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL)
SEMESTER GASAL TAHUN 2015/2016
SMP NEGERI 2 NGAGLIK,
GADINGAN, GENTAN, SINDUHARJO
KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
10 AgustusKegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang
terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan
sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa
melaksanakan tugas-tugas kependidikan, dalam hal ini guru atau tenaga pendidik
yang meliputi kegiatan praktik mengajar, dan kegiatan kependidikan lainnya.
Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak
minimal 4 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2014 sampai dengan 12
September 2015. Praktik mengajar terbimbing ini meliputi pembuatan rencana
pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan,
pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching,
pembekalan PPL, observasi sekolah, mengumpulkan materi ajar, mempelajari silabus
dan menyusun RPP. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing. Tahap
analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi.
Pada pelaksanaan program PPL di SMP Negeri 2 Ngaglik berjalan dengan
baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi
berkat kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari
berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran
pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai,
praktikan mendapatkan banyak pengalaman nyata dan pemahaman bahwa menjadi
seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi menjadi seorang guru mata
pelajaran bahasa Indonesia.Eriana Ristiani Eriana Ristiani