Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:27:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-01T07:48:40Z2019-10-01T11:47:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33626This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/336262016-06-01T07:48:40ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMK NEGERI 1 KLATENPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya
berlokasi di SMK N 1 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus
sampai dengan 12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 26 mahasiswa
dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,
Program Studi Pendidikan Seni Musik, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika,
Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Akuntansi,
Program Studi Pendidikan Ekonomi, dan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi. Tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk
memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga
nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya.
Kegiatan PPL yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi,
pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan
Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara
berurutan, yang dimualai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di
kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi,
mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk
membahas langkah-langkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik
Pengalaman Lapangan. Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan
arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai
dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas, mahasiswa
PPL tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan
dari sekolah mengharuskan mahasiswa PPL didampingi oleh guru pembimbing. Setelah
pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan
memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya.Eri Kuswanti Eri Kuswanti