Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:42:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-18T03:11:41Z2019-01-29T17:58:58Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9201This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/92012012-12-18T03:11:41ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS- TS) DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan
prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA
Negeri 1 Seyegan Sleman antara yang diajar menggunakan metode pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan yang diajar menggunakan metode
konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Two
Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta
didik kelas XI SMA N 1 Seyegan Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain
eksperimen Pre-test Post-test Control Group. Variabel penelitian ini terdiri atas dua
variabel, yaitu variabel bebas berupa penggunaan metode pembelajaran kooperatif
tipe Two Stay Two Stray dan variabel terikat berupa keterampilan menulis bahasa
Jerman. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1
Seyegan Sleman yang berjumlah 214 peserta didik. Pengambilan sampel
menggunakan teknik Simple Random Sampling diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai
kelas eksperimen berjumlah 36 peserta didik dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol
yang berjumlah 36 peserta didik. Jumlah sampel adalah 72 peserta didik.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan menulis. Untuk
mengetahui adanya perbedaan skor kemampuan menulis bahasa Jerman yang
diperoleh kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol digunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 6,282 lebih besar dari ttabel 2,000
dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang
signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah
9,1%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 76,7500 lebih besar dari kelas
kontrol yaitu 70,3056. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih efektif dalam pembelajaran
keterampilan menulis bahasa Jerman.Sulistyorini Endah Ayu Wisudawati