Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:54:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-22T02:16:34Z2019-01-30T04:30:33Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27298This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/272982015-10-22T02:16:34ZUPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI
PENERAPAN METODE BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN
PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA DI SMK SAHID SURAKARTAUPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI
PENERAPAN METODE BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN
PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA DI SMK SAHID SURAKARTA
Oleh :
Endah Purnamasari
08511242011
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah penerapan
metode pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pengolahan makanan
Indonesia di SMK Sahid Surakarta, (2) mengetahui peningkatkan motivasi belajar
siswa kelas XUJB2 SMK Sahid Surakarta melalui penerapan metode berbasis proyek.
Penelitian pada mata pelajaran pengolahan makanan Indonesia ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti sebagai
perancang kegiatan pembelajaran dan guru sebagai pelaksananya. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Data
dikumpulkan secara kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif untuk digunakan
dalam penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XUJB2 SMK
Sahid Surakarta yang berjumlah 30 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, menujukkan bahwa dengan pelaksanaan
menerapkan metode berbasis proyek pada mata pelajaran pengolahan makanan
Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu dengan langkah-langkah
pembelajaran tindakan kelas yang dimulai dengan : a. perencanaan meliputi: (1)
merumuskan tujuan pembelajaran, (2) pembagian kelompok, (3) merumuskan
strategi pembelajaran pada tiap pekerjaan, (4) pembuatan lembar kerja, (5)
merancang alat evaluasi. b. tahap pelaksanaan (1) mengecek kelengkapan untuk
praktik, (2) menjelaskan proyek, (3) mengerjakan proyek. c. tahap evaluasi (1)
penilaian, (2) menyimpulkan hasil praktik (3) menganalisis kendala-kendala selama
pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan pembelajaran dengan metode berbasis
proyek dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ini terbukti dari hasil observasi
selama I siklus dua kali tindakan dari aspek minat meningkat 21,66%, aspek
ketekunan 13,33%, aspek kemauan 13,33% dan aspek perhatian meningkat sebanyak
11,11%. Hasil rerata peningkatan motivasi belajar dari tindakan I ke tindakan II
mengalami kenaikan 14,86%.
Kata kunci: Motivasi Belajar dan Metode Berbasis ProyekPurnamasari Endah