Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:15:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2013-02-11T00:40:40Z2019-01-29T18:21:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9880This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/98802013-02-11T00:40:40ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP
HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
SD NEGERI KECEME 1 KECAMATAN SLEMANTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Keceme 1 Kecamatan Sleman.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain
penelitian Nonequivalet control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VA SDN Keceme 1 sebanyak 60 siswa yang tebagi dalam dua kelas
yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen
dengan masing-masing kelas sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar
matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji validitas dihitung
menggunakan korelasi biserial, dari 25 soal diperoleh 20 soal valid dan 5 soal
gugur. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus K-R 20 dengan
hasil r11 sebesar 0,790. Uji normalitas dihitung menggunakan rumus chi kuadrat
dengan hasil kelas eksperimen sebesar 9,964 dan kelas kontrol sebesar 9,486. Uji
homogenitas dihitung menggunakan uji barlet dengan hasil x2
hitung sebesar 0,690.
Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan teknik uji beda (t-test).
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas V SDN Keceme 1. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil
thitung lebih besar ttabel yaitu sebesar 2,135 > 2,002.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar,
matematikaRohmawati Elvira