Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:56:43ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-19T01:35:06Z2019-01-30T04:12:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27133This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/271332015-10-19T01:35:06ZPENGARUH PENJELASAN GURU TERHADAP PENINGKATAN
PENGETAHUAN SANITASI HIGIENE PERORANGAN
PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWONPENGARUH PENJELASAN GURU TERHADAP PENINGKATAN
PENGETAHUAN SANITASI HIGIENE PERORANGAN
PADA SISWA KELAS XI DI SMK N 1 SEWON
Oleh:
Ellya Suhartati
13511247008
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan pengetahuan
siswa kelas XI sebelum diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene
perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015, (2) peningkatan
pengetahuan siswa kelas XI setelah diberi penjelasan pengetahuan sanitasi
higiene perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015, (3)
pengaruh peningkatan pengetahuan siswa kelas XI di SMK N 1 Sewon tahun
ajaran 2015 antara siswa yang diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene
perorangan oleh guru dengan siswa yang tidak diberi penjelasan pengetahuan
oleh guru sebelumnya.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jasa Boga 1, 2, dan 3 di SMK N 1
Sewon yang berjumlah 76 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes awal
(pre-test) dan tes akhir (pos-test). Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan pengetahuan
siswa kelas XI sebelum diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene
perorangan oleh guru di SMK N 1 Sewon tahun ajaran 2015 berada dalam
kategori sedang (59,21%); (2) peningkatan pengetahuan siswa kelas XI setelah
diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene perorangan oleh guru di SMK N 1
Sewon tahun ajaran 2015 berada dalam kategori sedang (61,84%); (3) terdapat
pengaruh peningkatan pengetahuan siswa kelas XI di SMK N 1 Sewon tahun
ajaran 2015 antara siswa yang diberi penjelasan pengetahuan sanitasi higiene
perorangan oleh guru dengan siswa yang tidak diberi penjelasan pengetahuan
oleh guru sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung lebih besar dari pada
ttabel (25,201>1,994) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari
signifikansi 0,05 (0,000<0,05).
Kata Kunci: Pengaruh Penjelasan Guru, Pengetahuan Sanitasi Higiene
PeroranganSuhartati Ellya