Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:26:57ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-15T01:38:24Z2019-10-01T12:00:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39668This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/396682016-08-15T01:38:24ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
SMA KOLOMBO SLEMAN
Jl. Rajawali No. 10 Kompleks Kolombo Sleman Yogyakarta
1 Juli- 17 September 2014Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus
tahun 2014 yang berlokasi di SMA Kolombo telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 1
Juli – 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa dari 5 program
studi, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Fisika,
dan Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rekreasi.
Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki
pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah,
sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang
memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi
penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang
diselenggarakan di sekolah.
Praktek mengajar dimulai dari tanggal 10 Agustus 2014 sampai dengan 13 September
2014, dilakukan sebanyak 57 kali pertemuan di kelas X MIA, X IIS 1, X IIS 2, XII IPS 1 dan XII
IPS 2 . Pokok bahasan yang diajarkan meliputi pengertian dan ruang lingkup geografi dan
Penelitian Geografi.
Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan
dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran
aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu
terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang
telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan
potensi yang dimilikinya.
Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni
praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali
praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat penguasaan kelas dan
menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Ketika diberi umpan
balik, untuk menanyakan kejelasan dan ketidakjelasan siswa terhadap materi, hanya sedikit siswa
yang memberikan respon. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan
kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus
dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.Elinda Lapandia Elinda Lapandia