Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:53:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-03-22T06:58:11Z2019-01-30T06:59:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30423This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/304232016-03-22T06:58:11ZNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TARI
SARI TUNGGAL DI BANGSAL KASATRIYAN, KERATON YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter
dalam pembelajaran tari Sari Tunggal di Bangsal Kasatriyan, Keraton Yogyakarta.
Deskripsi dilakukan dengan melihat proses pembelajaran tari Sari Tunggal di
Bangsal Kasatriyan, peraturan pembelajarannya, serta nilai-nilai pendidikan karakter
yang terdapat dalam proses pembelajaran tari Sari Tunggal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupa kalimat sebagai
penjabaran dari proses penelitian, hingga hasil penelitian. Sumber data diperoleh dari
narasumber yang terdiri dari guru pengajar di Bangsal Kasatriyan dan beberapa guru
dari sanggar tari klasik gaya Yogyakarta. Pengumpulan data dengan cara observasi
partisipatif, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data
diperoleh melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sejarah tari Sari Tunggal berawal
dari munculnya Kridha Beksa Wirama (KBW) dan akhirnya bisa menjadi materi
pembelajaran di Bangsal Kasatriyan, (2) peraturan pembelajaran tari Sari Tunggal
lebih ditekankan pada aturan berpakaian serta mengikuti aturan yang ada di
lingkungan Keraton, (3) proses pembelajaran tari Sari Tunggal di Bangsal Kasatriyan
memiliki keunikan baik dari segi siswa, guru, tujuan, metode, media, kurikulum,
evaluasi, serta sarana prasarana, (4) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat
dalam pembelajaran tari Sari Tunggal yaitu dua belas nilai yang terdiri dari sembilan
nilai yang dicetuskan oleh Kemendiknas tahun 2010 serta tiga nilai budi pekerti yang
dicetuskan oleh Tim Pengembangan Budi Pekerti Provinsi DIY, (5) nilai-nilai
pendidikan tersebut yaitu religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri,
rasa ingin tahu, cinta tanah air, tanggung jawab, sopan santun, empan papan, dan tataMayong El Riza Animayongmayongd3@gmail.com