Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:15:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-27T04:16:46Z2019-01-30T07:32:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/31904This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/319042016-04-27T04:16:46ZUPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR TOLAK
PELURU GAYA LINEAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 NUSAMANGIR, KECAMATAN KEMRANJEN, BANYUMAS
TAHUN PELAJARAN 2014/2015Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya penguasaan gerak
dasar tolak peluru gaya linear pada siswa kelas V SD Negeri 2 Nusamangir.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar tolak
peluru gaya linear dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri 2
Nusamangir, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas tahun 2014/2015.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang
digunakan siswa kelas V sejumlah 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Data yang diambil oleh peneliti dan kolabolator dengan mengunakan
lembar pengamatan perilaku siswa dalam pembelajaran dan rubrik penilaian gerak
dasar tolak peluru gaya linear. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan analisis
deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
setelah diberi tindakan ketuntasan belajar siklus pertama pertemuan pertama naik
8,33% dari kondisi awal. Pada siklus pertama pertemuan kedua naik 37.50% dari
pertemuan pertama. Pada siklus kedua naik 16,67% dari siklus pertama pertemuan
kedua atau naik 62,50% dari kondisi awal. Peningkatan ketuntasan belajar
tersebut, peneliti mempunyai keyakinan bahwa melalui pendekatan bermain
sangatlah membantu proses pembelajaran tolak peluru gaya linear.Eko Kurniawan