Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:20:15ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-23T07:05:18Z2019-01-30T07:59:59Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32823This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/328232016-05-23T07:05:18ZPERBEDAAN NILAI-NILAI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI
EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DENGAN PESERTA DIDIK YANG
MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER NON OLAHRAGA
DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI BANTULPenelitian ini dilandasi latar belakang masih ada peserta didik yang
mengikuti ekstrakurikuler olahraga menunjukkan nilai sosial yang kurang baik
sedangkan ekstrakurikuler non olahraga cenderung menunjukan nilai sosial
yang baik dengan displin dalam mempersiapkan kegiatan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui perbedaan nilai sosial pada peserta didik yang
mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti
ekstrakurikuler non olahraga di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul.
Penelitian ini mengunakan metode survei. Subjek adalah peserta
ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Total subjek yang diambil
117 orang. Penelitian mengunakan instrument angket. Teknik analisis data
menggunakan Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov Z, menggunakan uji
homogenitas uji F dan mengunakan uji beda dengan uji-t untuk pengujian
hipotesis dengan taraf signifikan 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai-nilai sosial
pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta
didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga. Nilai-nilai sosial peserta
didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga lebih baik dibandikan dengan
peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga. Dilihat dari nilai
rerata peserta didik yang mengikuri ekstrakurikuler olahraga adalah 132.09, dan
rerata peserta didik yang mengikuti ekstrkurikuler non olahraga adalah 127.39.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai-nilai sosial
pada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta
didik yang mengikuti ekstrakurikuler non olahraga. Maka hipotesis
yang
mengatakan bahwa terdapat perbedaan nilai-nilai sosial pada peserta didik yang
mengikuti ekstrakurikuler olahraga dengan peserta didik yang mengikuti
ekstrakurikuler non olahraga diterima.Eko Dwi Purnomo