Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:29:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-24T07:17:22Z2019-10-01T11:47:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33238This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/332382016-05-24T07:17:22ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) 2
DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2015/2016Praktik Pengajaran Lapangan (PPL) mengacu pada Undang-Undang Guru dan dosen nomor 14 Tahun 2005, khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru yakni: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. PPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan teori yang telah dipelajari sekaligus sebagai latihan mengajar secara langsung. Pelaksaan PPL dimulai tanggal 28 Februari 2015 di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta.
Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa PPL adalah observasi secara fisik dan non fisik. Kegiatan ini meliputi pengamatan langsung terhadap keadaan fisik sekolah seperti pengamatan terhadap ruang kelas, kantor guru, perpustakaan serta ruang lain yang mendukung kegiatan yang berlangsung di SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Selain pengamatan fisik Mahasiswa PPL juga melaksanakan pengamatan non fisik yang meliputi kegiatan pembelajaran dalam kelas serta kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi oleh SDN Bangunrejo 2 seperti Karawitan dan Pramuka. Dari hasil observasi Mahasiswa mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana cara guru menyampaikan pembelajaran, bagaimana guru memaksimalkan siswa dalam belajar serta meliputi cara guru mengendalikan kelas dengan berbagai macam karakteristik siswa sehingga Mahasiswa dapat merencanakan metode pembelajaran dan menyiapakan bahan ajar yang dapat dipakai dalam pelaksanaan PPL.
PPL ini menjadikan Mahasiswa lebih dapat memahami secara langsung bagaimana menghadapi situasi yang tercipta dalam kelas sehingga dapat membentuk kelas yang kondusif dengan suasana belajar yang menyenangkan.Eka Vebri Lestari Eka Vebri Lestari