Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:48:34ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-02-23T01:01:07Z2019-10-01T11:35:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47388This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/473882017-02-23T01:01:07ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SEMESTER KHUSUS
Lokasi:
SMA NEGERI 1 SEWON
Jalan Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon,
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55187Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoritis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional.
Kegiatan PPL di SMAN 1 Sewon dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL diawali dari observasi hingga pelaksanaan yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta refleksi. Praktikan melaksanakan Kegiatan mengajar di kelas X IIS 1 dan X IIS 2 sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Selain itu, praktikan juga membantu guru pembimbing ketika berhalangan hadir untuk mengajar. Pembelajaran di kelas dapat praktikan lakukan minimal 4 kali tatap muka dalam satu minggu. Selain mengajar, praktikan juga ikut berpartisipasi kegiatan sekolah diantaranya upacara, piket, acara HUT SMAN 1 sewon serta menjalankan program kelompok nonmengajar.
Dalam praktik mengajar dilakukan berbagai persiapan mulai dari penyusunan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga pembuatan soal ulangan dan pelaksanaan remidi. Metode yang digunakan praktikan dalam pembelajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, permainan dan presentasi. Sedangkan model pembelajan yang digunakan adalah jigsaw dan saintifik. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran praktikan juga membuat Lembar Kegiatan Siswa. Ada beberapa hambatan selama dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, salah satunya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.Eka Pravista Eka Pravista