Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:33:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-26T01:11:01Z2019-01-30T00:04:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21475This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/214752015-06-26T01:11:01ZPENGARUH PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV SEKOLAH DASARPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada pemanfaatan
multimedia interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental dan menggunakan
metode eksperimen semu sedangkan desain penelitian ini menggunakan Matching
Pretest-Postest Control Group Design. Prosedur penelitiannya yaitu Pre
experiment measurement (sebelum perlakuan), treatment (perlakuan), selanjutnya
Post experiment measurement (setelah perlakuan). Teknik pengumpulan data
menggunakan metode angket. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD
Negeri Samirono dengan jumlah siswa 34 orang yang dibagi menjadi dua kelas
yaitu kelas IV-A sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 17
orang dan kelas IV-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa sebanyak
17 orang.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam
pemanfaatan multimedia interaktif terhadap motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini telah
dibuktikan pada hasil uji-t, dimana thitung=2,414 > ttabel=2,039, dan nilai Sig. (2-
tailed) = 0,022 < taraf signifikan 0,05. Penelitian ini juga membuktikan bahwa
siswa yang menggunakan multimedia interaktif (kelompok eksperimen) memiliki
nilai rata-rata motivasi yang lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan
menggunakan metode ceramah dan buku teks (kelompok kontrol).Anggun Eka Jizantara