Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:13:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-01T18:31:55Z2019-01-30T06:23:56Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/29457This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/294572016-02-01T18:31:55ZANALISIS KETERSEDIAAN BAHAN PUSTAKA
DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH NURUL
UMMAH KOTAGEDEPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan bahan pustaka
berdasarkan jumlah dan jenisnya di MTs dan MA Nurul Ummah Kotagede,
perencanaan yang dilakukan dalam pengadaan buku, serta megenai faktor
penghambat dan pendukung dalam pengadaan buku dan pengelolaan buku.
Subjek penelitian ini adalah pustakawan dan guru di MTs dan MA Nurul
Ummah. Tempat penelitian di perpustakaan MTs dan MA Nurul Ummah
beralamatkan di Jl. Raden Ronggo KGII/982 Prenggan Kotagede Yogyakarta.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara,
observasi, dan studi dokumen.
Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa bahan pustaka yang
tersedia di MTs Nurul Ummah terdiri dari dua jenis. Pertama bahan pustaka
berbentuk buku terdiri atas referensi, Fiksi, dan Non fiksi. Kedua bahan pustaka
yang non buku terdiri atas kartografi, Rekaman video, Visual, Terbitan harian.
Ketersediaan bahan pustaka di MA Nurul Ummah juga terdiri atas 2 jenis.
Pertama bahan pustaka berbentuk buku yaitu referensi, fiksi, non fiksi, hasil
penelitian. Kedua bahan pustaka jenis non buku antara lain kartografi ,visual.
terbitan harian, terbitan berkala. Adapun perencanaan yang dilakukan di kedua
sekolah tersebut yakni melalui rapat perencanaan program kerja menjelang tahun
ajaran baru, yang didalamnya juga membahas mengenai anggaran dan pengadaan
buku yang dibutuhkan. Pengadaan dilakukan dengan skala prioritas dan
menyesuaikan anggaran yang ada. Faktor penghambat dalam pengadaan di kedua
sekolah tersebut yakni; 1) dana yang minim sehingga pembelian terbatas pada
buku yang mendesak, 2) buku sering terlambat datang. Faktor pendukung
pengadaan buku di kedua sekolah tersebut 1) adanya anggaran untuk pembelian
buku yang mendukung keberlangsungan pengadaan buku. faktor pendukung
dalam pengelolaan buku di kedua sekolah tersebut 1) adanya tenaga yang
melakukan pengelolaan buku, 2) buku yang tersedia belum terlalu banyak. Faktor
penghambatnya yakni; 1) masih ada siswa yang kurang bertanggungjawab dalam
menggunakan buku yang menyebabkan buku rusak dan hilang, 2) di MA Nurul
Ummah tenaga pustakawan bukan berasal dari lulusan Ilmu Perpustakaan, 3)
sistem pengelolaan awal yang kurang baik sehingga membutuhkan waktu yang
lama untuk memperbaikinya. Strategi dalam pengadaan dilakukan dengan
pembelian menggunakan dana anggaran, bantuan dari Kemenag, pemberian dari
instansi maupun perorangan.Rahayu Eka Adni-