Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:08:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-08T06:38:55Z2019-01-29T23:18:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20138This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/201382015-06-08T06:38:55ZPENGARUH HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PERAN
BIMBINGAN KARIR, DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP
KESIAPAN KERJA SISWA SMK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN
MULTIMEDIA SE-KODYA YOGYAKARTAPENGARUH HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PERAN BIMBINGAN
KARIR, DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA
SISWA SMK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
SE-KODYA YOGYAKARTA
Oleh :
Eka Nurrahmah
NIM. 10520244009
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh hasil prakerin
terhadap kesiapan kerja siswa SMK kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia se-
Kodya Yogyakarta, (2) pengaruh peran bimbingan karir terhadap kesiapan kerja
siswa (3) pengaruh informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa (4)
pengaruh hasil prakerin, peran bimbingan karir, dan informasi dunia kerja
terhadap kesiapan kerja siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XI Kompetensi Keahlian
Multimedia se-Kodya Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik proporsional random sampling, dengan sampel dalam penelitian ini adalah
SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMK Tamansiswa
Jetis, SMK Ma’arif 1 Yogyakarta sebanyak 105 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil prakerin berpengaruh positif
signifikan terhadap kesiapan kerja siswa Kompetensi Multimedia se-Kodya
Yogyakarta, hal ini dibuktikan dari nilai thitung>ttabel (7,895>1,980). (2) peran
bimbingan karir berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, hal
ini dibuktikan dari nilai thitung>ttabel (7,672>1,980). (3) informasi dunia kerja
berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, hal ini dibuktikan dari
nilai thitung>ttabel (4944>1,980). (4) hasil prakerin, peran bimbingan karir, dan
informasi dunia kerja secara bersama-sama terhadap terhadap kesiapan kerja
siswa, hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung>Ftabel (41,720>2,70).
Kata kunci : hasil prakerin, peran bimbingan karir, informasi dunia kerja, kesiapan
kerjaNurrahmah Eka2014-07-16T02:47:58Z2019-01-29T18:51:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11179This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/111792014-07-16T02:47:58ZPENGARUH HASIL PRAKERIN, PERAN BIMBINGAN KARIR, DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA SE-KODYA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh hasil prakerin terhadap kesiapan kerja siswa SMK kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia se-Kodya Yogyakarta, (2) pengaruh peran bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa (3) pengaruh informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa (4) pengaruh hasil prakerin, peran bimbingan karir, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia se-Kodya Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling, dengan sampel adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMK Tamansiswa Jetis, SMK Ma’arif 1 Yogyakarta sebanyak 105 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil prakerin berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, dibuktikan dengan thitung>ttabel (7,895>1,980), (2) peran bimbingan karir berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, dibuktikan dengan thitung>ttabel (7,672>1,980). (3) informasi dunia kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan kerja siswa, dibuktikan dengan thitung>ttabel (4,944>1,980). (4) hasil prakerin, peran bimbingan karir, dan informasi dunia kerja secara simultan terhadap terhadap kesiapan kerja siswa, dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (41,720>2,70).
Kata kunci : hasil prakerin, peran bimbingan karir, informasi dunia kerja, kesiapan kerjaNurrahmah Eka