Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:05:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-19T08:26:04Z2019-10-01T11:47:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32945This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/329452016-05-19T08:26:04ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 14 YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa
untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Dibangku
kuliah, mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat
PPL ini mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus
menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh
lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya
dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya.
Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 yang berlokasi di
SMP N 14 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 – 12 September
2015. Pada tahap persiapan, praktikan melakukan konsultasi dengan guru
pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan observasi peserta didik serta
kondisi fisik sekolah. Dalam pelaksanaan PPL, praktikan melaksanakan 8 kali praktik
mengajar di kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Untuk program insidental,
praktikan praktik mendapat permintaan dari salah satu guru mata pelajaran
Matematiaka untuk menjaga dan memberikan tugas di kelas VII D . Banyak kendala
dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern.
Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menjadi lebih baik.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Praktikan juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang
pelaksanaan pendidikan, mendapat kesempatan untuk mempraktikan bekal yang telah
diperoleh selama perkuliahan ke dalam proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan
yang lain serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya
penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah
kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.Efi Setyorini Megawati Efi Setyorini Megawati