Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:07:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-20T04:21:31Z2019-10-01T11:47:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35019This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/350192016-06-20T04:21:31ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMA NEGERI 1 MAGELANGPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan
dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada
mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam
dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi
yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan
bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai
calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan
ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan
mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang
berkualitas. Program PPL di SMA Negeri 1 Magelang, dilaksanakan pada tanggal 10
Agustus sampai dengan 12 September 2015.
Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasi,
pembelajaran di kelas maupun kondisi fisik sekolah. Kegiatan PPL ini berupaya
untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel dinamis,
antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang
pembelajaran mulai dalam pembuatan PROTA, PROSEM, Analisis KI, KD dan
SILABUS serta RPP, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan
media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi pembelajaran. PPL sebagai
muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara
terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai
bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara
bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro
teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, mahasiswa calon
guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar mempraktikkan
semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku kuliah, sehingga
mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan dengan bimbingan
dan arahan dari guru pembimbing, dosen pembimbing dan koordinator PPL di
Sekolah.
Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Magelang, penyusun mendapatkan
kesempatan praktik mengajar di kelas X IIS 1 dan 2, XI IIS 1 dan 2, XII IIS 1 dan 2.
Materi yang diajarkan kepada peserta didik kelas X yaitu materi teori pembentukan
jagat raya, tata surya dan planet bumi serta pengaruh rotasi dan revolusi bumi. Materi
untuk kelas XI yaitu mengenai persebaran Fauna dan Konservasi Flora dan Fauna.
Materi untuk kelas XII yaitu materi Industri (pengertian industri, klasifikasi industri,
teori lokasi industri, aglomerasi industri, kawasan industri, kawasan berikat dan
dampak indsutri) materi kelas XII selanjutnya yaitu pengertian penginderaan jauh,
komponen penginderaan jauh, unsur-unsur interpretasi citra, dan manfaat
penginderaan jauh serta praktikum penginderaan jauh. Dari semua materi kelas
X,XI,XII tersampaikan dengan lancar.vEdi Widodo Edi Widodo