Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:26:50ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-29T07:51:56Z2019-03-11T02:39:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23661This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/236612015-07-29T07:51:56ZTINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN FASILITAS
KOLAM RENANG ALAM TIRTA YONIF 412
KABUPATEN PURWOREJO
JAWA TENGAHKepuasan pelanggan dan pelayanan fasilitas merupakan hal yang sangat penting untuk
meningkatkan pengunjung. Perbaikan fasilitas seperti keadaan air yang kurang bersih,
keramik dasar kolam renang yang berjamur dan adanya keramik yang pecah, tempat bilas
yang kurang memadai, ruang ganti yang sudah rusak pintunya, dan tempat parkir yang
kurang luas dan kurang aman dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap
Pelayanan Fasilitas Kolam Renang Alam Tirta Yonif 412 di Kabupaten Purworejo, Jawa
Tengah.
Penelitian ini dilakukan di kolam renang Alam Tirta Yonif 412 Kabupaten Purworejo,
Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung kolam renang Alam
Tirtha Yonif 412 Kabupaten Purworejo, sedangkan jumlah responden atau subjek yang
diteliti menggunakan 70 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental
sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket dengan uji validitas per butir instrumen
menggunakan rumus Product Moment diperoleh r tabel sebesar 0,361 dan uji reliabitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0,863. Apabila butir
soal memiliki r hitung di atas 0,361, maka butir tersebut valid/ sahih, sedangkan apabila r
hitung dibawah 0,361, maka butir soal dinyatakan tidak valid/ gugur. Teknik analisis data
mengguanakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan
fasilitas kolam Renang Alam Tirta Yonif 412 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada 70
responden yakni dengan kategori sangat rendah sebesar 4,29% sebanyak 3 orang, dalam
kategori rendah yakni sebesar 38,57% sebanyak 27 orang, dalam kategori kategori sedang
yakni sebesar 32,86% sebanyak 23 orang, dalam kategori tinggi sebesar 15,71% sebanyak 11
orang, dan dalam kategori sangat tinggi sebesar 8,57% sebanyak 6 orang. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan fasilitas kolam
Renang Alam Tirta Yonif 412 di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah berkategori rendah.Edhi Cahyo Rohmadi