Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:02:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-10-13T01:25:13Z2019-01-30T03:53:26Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26836This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/268362015-10-13T01:25:13ZPengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas X Keuangan SMK N 1 BantulABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas X Keuangan SMK
Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015; (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas X Keuangan SMK
Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015; (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan
Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas X
Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian kausal komparatif ini menggunakan sampel peserta didik kelas
X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul yang berjumlah 95 peserta didik. Uji coba
instrumen dilakukan pada 33 responden. Pengumpulan data Motivasi Belajar dan
Perhatian OrangTua menggunakan angket sedangkan untuk data Prestasi Belajar
Akuntansi menggunakan nilai UTS. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis berganda. Sebelum analisis
data, terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis meliputi uji
linearitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh
positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar Akuntansi
Peserta Didik Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran
2014/2015dengan nilai r
x1y
(0,245), r
2
x1y
(0,058); (2) terdapat pengaruh positif dan
signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi belajar Akuntansi Peserta Didik
Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015 dengan nilai
r
x2y
(0,220), r
2
x1y
(0,48); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi
Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi belajar Akuntansi Peserta
Didik Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015 dengan
nilai R
(1,2)
(0,281), R
2
(0,079) dan F
hitung
(3,938) > F
( 3,10).
Kata kunci: Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar.
tabelAriani Ebta Ayu Ariani