Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:48:11ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-04T05:58:08Z2022-11-30T03:19:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8177This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81772012-12-04T05:58:08ZFAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP DI KOTA YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil
belajar bahasa Inggris siswa SMP di Kota Yogyakarta baik secara parsial maupun
secara simultan. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh adalah lingkungan keluarga,
gaya belajar, strategi belajar bahasa dan kemampuan awal siswa.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto.
Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling.
Populasi penelitian sebesar 6281 siswa kelas IX SMP di Kota Yogyakarta. Sampel
penelitian sebesar 342 siswa kelas IX SMP di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan dokumentasi nilai. Pengukuran validitas instrumen
menggunakan validitas product moment correlation. Uji reliabilitas menggunakan
Conbrach Alpha. Data dianalisis dengan regresi dengan bantuan program komputer
SPSS versi 17.00 for windows.
Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris
siswa SMP di Kota Yogyakarta terkategori baik (47%), lingkungan keluarga siswa
terkategori cukup (46%), gaya belajar siswa terkategori cukup (58%), dan strategi
belajar bahasa terkategori cukup (46%) serta kemampuan awal siswa terkategori baik
(49%). Hasil analisis regresi parsial menunjukkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris, sedangkan gaya belajar
memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris, strategi belajar
bahasa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dan
kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Hasil
analisis regresi ganda menunjukkan hasil uji F sebesar 143,39 dan besar signifikansi
adalah 0,000 pada probabilitas 5% yang berarti secara bersama-sama lingkungan
keluarga, gaya belajar, strategi belajar bahasa dan kemampuan awal berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar bahasa Inggris dengan kontribusi efektif sebesar
63%.
Kata Kunci: hasil belajar, bahasa InggrisSETYOWATI ERI