Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:37:56ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-11-28T01:04:02Z2019-01-29T17:13:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7763This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77632012-11-28T01:04:02ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG TERHADAP
KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG DI KELAS V
SD N 1 SERANG DAN SD N 2 MANTRIANOM
KECAMATAN BAWANG
BANJARNEGARAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
wayang terhadap kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas V SD N 1
Serang dan SD N 2 Mantrianom Kecamatan Bawang Banjarnegara.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen sederhana. Desain eksperimen yang
digunakan yaitu Quasi Experimental (nonequivalent control group design).
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Serang dan SD
Negeri 2 Mantrianom. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak
dongeng. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan observasi. Uji validitas
instrumen menggunakan rumus point biserial dan uji reliabilitas menggunakan KR.
20. Teknik analisis data menggunakan beda mean.
Hasil dari penelitian ini yaitu nilai rata-rata post test kelompok kontrol yaitu
67,33 sedangkan nilai rata-rata post test kelompok eksperimen yaitu 75,56. Selisih
nilai rata-rata yaitu 8,23. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian
ini yaitu Hipotesis Alternatif (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan
media wayang terhadap kemampuan menyimak dongeng di kelas V SD N 1
Serang dan SD N 2 Mantrianom Kecamatan Bawang Banjarnegara.
Kata kunci : media wayang, kemampuan menyimak dongengSETIOWATI ENING