Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:20:12ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-18T03:18:03Z2019-01-29T17:59:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9207This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/92072012-12-18T03:18:03ZPERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL LISTRIK
DINAMIS SISWA KELAS X SMAN I NGAGLIK PADA PEMBELAJARAN
MENGGUNAAN STRATEGI PROBLEM POSING TIPE FREE-PROBLEM
POSING DAN TIPE STRUCTURED-PROBLEM POSING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
memecahkan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik pada
pembelajaran menggunakan Strategi Problem Posing tipe Free-Problem
Posing dan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing serta
menetahui manakah diantara strategi Problem Posing tipe Free-Problem
Posing dan Strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing yang
lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan soal listrik dinamis
siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Static Group Pre-test – Post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X di SMAN 1 Ngaglik yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas XA, XB,
XC, XD, XE, dan XF dengan kelas yang diambil sebagai kelas sampel adalah
kelas XA dan XB. Kelas XA mendapat perlakuan menggunakan strategi
Problem Posing tipe Free-Problem Posing sedangkan kelas XB mendapat
perlakuan menggunakan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem
Posing. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kemampuan
memecahkan soal listrik dinamis. Pengambilan data dilakukan dengan tes
dalam bentuk soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis
independent t-test pada program SPSS 18.0 dan gain ternormalisasi. Tingkat
signifikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan
memecahkan soal listrik dinamis siswa kelas X SMAN 1 Ngaglik antara
pembelajaran menggunakan Strategi Problem Posing tipe Free-Problem
Posing dan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing dengan
nilai t
hitung
-4,066 < t
tabel
2,0017. Selain itu dapat pula disimpulkan bahwa
strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing memberikan
pengaruh yang lebih baik dibandingkan strategi belajar Problem Posing tipe
Free-Problem Posing, dengan nilai gain pada penggunaan strategi Problem Posing tipe Structured-Problem Posing sebesar 74,72, sedangkan pada
pembelajaran dengan strategi Problem Posing tipe Free-Problem Posing
diperoleh gain sebesar 66,36.
Kata kunci: Free-Problem Problem Posing, Structured-Problem Posing dan
kemampuan memecahkan soal. OKTAVIA EMILIA DWI