Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:16:40ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-01T01:06:14Z2019-10-01T11:59:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38008This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/380082016-08-01T01:06:14ZLAPORAN PPL 2014
DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA
UPT PENGELOLA TK DAN SD WILAYAH SELATAN
“PEMETAAN SEKOLAH DASAR KAWASAN BERESIKO BULLYING DI
UPT PENGELOLA TK DAN SD WILAYAH SELATAN”Kekerasan (bullying) merupakan hal yang selalu terjadi disekitar lingkungan
kita tanpa kita sadari. Bullying yang terjadi melibatkan para pelaku yang terdiri dari
berbagai macam usia, pekerjaan maupun jenis kelamin. Beberapa bullying ternyata
sudah merambah ke bidang pendidikan dengan sekolah sebagai lembaga pendidikan
formal yang menjadi “sasarannya”. Tidak terkecuali di sekolah dasar-sekolah dasar
di UPT wilayah Selatan. Apalagi dengan kondisi ada beberapa sekolah dasar yang
masuk dalam kawasan beresiko di UPT wilayah selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi; 1) Apa bentuk perilaku
bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dasar kawasan beresiko di wilayah UPT
Selatan? 2)Berapa frekuensi perilaku bullying yang dilakukan di lingkungan sekolah
dasar kawasan beresiko di wilayah UPT Selatan?3)Siapa pelaku dari perilaku
bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dasar kawasan beresiko di wilayah UPT
Selatan? Dengan tempat penelitian di SD Negeri Surokarsan 2 dan SD Negeri
Pujokusuman 1 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan
metode pengumpulan data wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa;1) Semua bentuk dan jenis
perbuatan bullying telah terjadi di SD Negeri Surokarsan 2 sedangkan di SD Negeri
Pujokusuman 1 bullying yang terjadi adalah bullying secara verbal dan fisik.
2)Frekuensi perilaku bullying lebih sering dan lebih banyak dilakukan oleh siswa di
SD Negeri Surokarsan 2 sedangkan lebih jarang terjadi di SD Negeri Pujokusuman
1. 3)Yang menjadi pelaku dari perilaku bullying adalah siswa yang memiliki latar
belakang faktorlingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal, tingkat pendidikan
orang tua, dan pelabelan sekolah yang kurang mendukung.ELINDA EMZA KHASANAH ELINDA EMZA KHASANAH