Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:23:08ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-18T02:17:37Z2019-01-29T17:58:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9182This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/91822012-12-18T02:17:37ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PREP TECHNIQUE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 23 BANTARSARI KAB. CILACAPPenelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan
keterampilan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa kelas VII SMP
PGRI 23 Bantarsari, Cilacap yang diajar menggunakan Prep Technique dengan
siswa yang diajar tanpa menggunakan Prep technique dan menguji apakah
penerapan Prep Technique efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari, Cilacap.
Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (eksperimen semu).
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari,
Cilacap, sebanyak 142 siswa yang terdiri dari empat kelas, yaitu kelas VIIA,
VIIB, VIIC, dan VIID. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel dengan teknik
tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas
VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik
tes yaitu pre-test dan post-test membaca pemahaman. Instrumen penelitian dalam
penelitian ini adalah soal tes objektif pilihan ganda membaca pemahaman. Uji
validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (Expert
Judgment), sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji-t dengan
memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan skor post-test
keterampilan membaca pemahaman siswa kelompok kontrol dengan kelompok
eksperimen. Berdasarkan hasil uji dengan menggunakan uji-t skor post-test
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 3,649
dengan df 64 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 1,990. Hasil tersebut
menunjukkan Nilai th: 3,649 > ttb:1,990 pada signifikansi 5% yang berarti ada
perbedaan keterampilan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa
kelompok eksperimen dengan siswa kelompok kontrol. Selanjutnya untuk hasil
uji-t skor pre-test dan post-test eksperimen diketahui nilai thitung sebesar 2,556
dengan df 31 pada signifikansi 5% diperoleh nilai ttabel 2,031. Hasil tersebut
menunjukkan nilai th:2,556 > ttb:2,031 pada signifikansi 5%, sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan
strategi Prep Technique efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas VII SMP PGRI 23 Bantarsari, Cilacap.MUFTI EKA OKTIANA