Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:09:35ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-08T06:49:06Z2019-01-29T23:18:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20143This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/201432015-06-08T06:49:06ZEFEKTIVITAS PENERAPANPEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
DIBIDANG BOGAPADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN
DI SMK N 2 GODEAN“ Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dibidang Boga
Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK N 2 Godean”
Oleh :
Eka Rachmawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran
kontekstual pada mata pelajaran kewirausahaan menurut persepsi peserta didik di SMK N 2
Godean tahun ajaran 2011/2012. 2) Mengetahui faktor yang menghambat penerapan
pendekatan pembelajaran kontekstual dibidang boga dalam mata pelajaran kewirausahaan
menurut persepsi peserta didik di SMK N 2 Godean tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2010sampai dengan September 2011. Tempat
penelitian di SMK N 2 Godean. Desain penelitian menggunakan ex-post facto, pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini
sebanyak 100 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan jenis purposive
samplingsebanyak 35 peserta didik.
Hasil Penelitian ini adalah : 1) Penerapan pendekatan pembelajaran
kontekstualmenurut persepsi peserta didik yang mencakup aspek konstruktivisme
(constructivism)65,71% kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Menemukan
(inquiry)62,85% kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Bertanya (questioning) 65,71%
kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Masyarakat belajar (learning community) sudah
dimunculkan dalam proses pembelajaran dengan presentase sebesar 70,43 %. Permodelan
(modelling) 54,29 % kurang terlihat dalam proses pembelajaran.. Refleksi (reflection) sudah
dimunculkan dalam proses pembelajaran dengan presentase sebesar 62,72%. Penilaian yang
sebenarnya (authentic assessment) sudah dimunculkan dalam proses pembelajaran dengan
presentase sebesar 62,85%. 2)Efektivitas pembelajaran kontekstualdalam mata pelajaran
kewirausahaanmenurut persepsi peserta didik : Efektivitasdalam kegiatan relatingmengalami
hambatan dengan presentase sebesar 77,15 % karena peserta didik sulit untuk menemukan
dan mengkaitkan ide yang mereka miliki dengan pembelajaran kewirausahaan.
Efektivitasdalam kegiatan experiencingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 80 %
karena peserta didik sulit untuk merumuskan, mengumpulkan dan menyajikan pekerjaan
mereka dalam bentuk laporan pada pembelajaran kewirausahaan. Efektivitas dalam kegiatan
applyingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 48,57 % karena peserta didik
kesulitan untuk menerapkan materi yang ada disekolah dengan kehidupan mereka. Efektivitas
dalam kegiatan cooperatingmengalami hambatan dengan presentase sebesar 65,71 %karena
dalam pembentukkan kelompok belajar serta bekerja sama dengan teman satu kelompok
karena ada peserta didik yang aktif dan pasif. Efektivitas dalam dalam pengembangan
kegiatan transferringmengalami hambatan dengan presentase sebesar 65,71 %kesulitan
menjelaskan ide pemikiran dan sulit menerapkan pemikiran yang ada kedalam pembelajaran
kewirausahaan. Menurut guru yaitu dalam pengembangan kegiatan applying, kegiatan
cooperating, danpengembangan kegiatan transferringkurang efektif dilaksanakan dalam
pembelajaran kewirausahaan.
Kata kunci : penerapan, kontekstual, efektivitasRACHMAWATI EKA