Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:32:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-18T01:56:19Z2019-01-29T17:57:50Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9167This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/91672012-12-18T01:56:19ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE QUESTION STUDENT HAVE PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SEDAYU BANTULPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan prestasi
keterampilan membaca antara peserta didik yang diajar dengan
menggunakan metode Qustion Student Have dan peserta didik yang diajar
dengan menggunakan metode konvensional (2) keefektifan penggunaan
metode Question Student Have pada pembelajaran keterampilan membaca
bahasa Jerman.
Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain
eksperimen pretest-postest. Penelitian terdiri dari dua variabel yakni
variabel bebas berupa penggunaan metode Question Student Have dan
variabel terikat berupa keterampilan membaca bahasa Jerman. Penelitian
ini dilakukan di SMA N 1 Sedayu Bantul. Populasi penelitian adalah
seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 343 peserta didik.
Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling diperoleh
kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 peserta didik
dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik.
Data penelitian diambil menggunakan tes keterampilan membaca.
Validitas penelitian menggunakan validitas isi, validitas konstruk dan
validitas butir soal. Reabilitas dengan menggunakan rumus KR-20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 6,518 lebih
besar dari t-tabel sebesar 2,000. Rerata kelas eksperimen sebesar 26,2857
lebih besar dari rerata kelas kontrol sebesar 23,8824. ini berarti bahwa (1)
terdapat perbedaan tingkat keterampilan membaca yang signifikan antara
peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Question Student
Have dan metode konvensional, (2) penggunaan metode Question Student
Have lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa
Jerman peserta didik daripada metode konvensional dengan bobot
keefektifan 10,27 %.Wibowo Dimas Harin