Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:27:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-09-10T08:07:07Z2019-01-30T03:26:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26142This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/261422015-09-10T08:07:07ZEVALUASI PROGRAM PELATIHAN
PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (TATA BOGA)
DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN SUKOHARJO
TAHUN 2011EVALUASI PROGRAM PELATIHAN
PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (TATA BOGA)
DI BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN SUKOHARJO
TAHUN 2011
Oleh :
Dewi Hermawati Wahyuningsih
07511241011
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap program
pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian. 2) Untuk mengetahui respon peserta terhadap pelayanan dalam penyajian
pelatihan di BLK Sukoharjo. 3) Untuk mengetahui perubahan pengetahuan dari peserta yang terjadi sebagai
akibat kegiatan pelatihan PHP. 4) Untuk mengetahui perubahan ketrampilan dari peserta yang terjadi setelah
mengikuti pelatihan. 5) Untuk mengetahui adanya perubahan perilaku setelah mengikuti pelatihan PHP. 6)
Untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menerapkan keterampilan yang dilatihkan dalam kehidupan
sehari-hari. 7) Untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan program pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian bagi
peserta.
Penelitian dilakukan bulan Oktober 2011 - Maret 2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
evaluasi program. Adapun model evaluasi yang digunakan adalah Reaction, Learning, Behavior and Result (4
level) yang dikembangkan oleh Donald Kirkpatrick. Analisis data yang digunakan adalah jenis deskriptif
kualitatif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah alumni diklat program pengolahan hasil pertanian (tata boga)
APBN 2011 di Balai Latihan Kerja Sukoharjo tahun 2011. Sampel diambil sejumlah 16 orang alumni. Subjek
penelitian yang lain adalah peserta diklat, penyelenggara dan pengguna jasa/tenaga dari peserta (pimpinan
perusahaan). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan : Dilihat dari relevansi program pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian
dengan keadaan daerah (Level Reaction) relevan. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan
terhadap peserta pelatihan, menunjukkan reaksi sangat baik sebanyak 1 responden (6,25%), yang menunjukkan
reaksi baik sebanyak 15 responden (93,75%). Hal ini menerangkan bahwa program PHP sesuai dengan keadaan
daerah setempat. 2) Dilihat dari relevansi program Pengolahan Hasil Pertanian dengan keadaan warga belajar
(Level Reaktion) ditunjukkan dengan hasil penelitian pada level reaksi yaitu: reaksi sangat baik sebanyak 1
responden (6,25%), yang menunjukkan reaksi baik sebanyak 15 responden (93,75%). Hal ini menerangkan
bahwa program PHP relevan dengan keadaan warga belajar. 3) Efektifitas metode belajar dalam pelatihan PHP
(Level Reaktion) baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian yang menunjukkan reaksi sangat baik sebanyak
1 responden (6,25%), yang menunjukkan reaksi baik sebanyak 15 responden (93,75%). 4) Efektifitas
penggunaan media pembelajaran selama pelatihan PHP (Level Reaktion) baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil
penelitian yang menunjukkan reaksi sangat baik sebanyak 1 responden (6,25%), yang menunjukkan reaksi baik
sebanyak 15 responden (93,75%). 5) Secara keseluruhan program PHP yang dilaksanaan (Level Reaktion) sudah
baik. baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian yang menunjukkan reaksi sangat baik sebanyak 1
responden (6,25%), yang menunjukkan reaksi baik sebanyak 15 responden (93,75%). 6) Pada umumnya peserta
mengalami peningkatan pengetahuan tentang PHP (Level Learning). Perubahan ini dilihat dari hasil penelitian
yang ditunjukkan dari 3 responden (18,75%) yang menyatakan sangat baik dan 13 responden (81,25%). 7) Pada
umumnya terjadi peningkatan keterampilan tentang pengolahan makanan pada peserta setelah mengikuti
pelatihan PHP (Level Learning). Perubahan ini dilihat dari hasil penelitian yang ditunjukkan dari 3 responden
(18,75%) yang menyatakan sangat baik dan 13 responden (81,25%). 8) Terjadi perubahan perilaku pada peserta
pelatihan setelah mengikuti pelatihan (Level Behavior). Perubahan ini dilihat dari hasil penelitian yang
ditunjukkan dari 3 responden (18,75%) yang menyatakan sangat baik dan 13 responden (81,25%). 9) Terbentuk
motivasi diri untuk berkembang setelah mengikuti pelatihan PHP (Level Behavior). Perubahan ini dilihat dari
hasil penelitian yang ditunjukkan dari 3 responden (18,75%) yang menyatakan sangat baik dan 13 responden
(81,25%). 10) Peserta mampu menerapkan keterampilan yang dilatihkan dalam kehidupan sehari-hari (Level
Result). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 responden (6,25%) menyatakan sangat baik, 14 responden
(87,5%) yang menyatakan baik dan 1 rsponden (6,25%) yang menyatakan tidak baik. 11) Secara umum,
program pelatihan ini membawa dampak positif bagi peserta (Level Result). ). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1 responden (6,25%) menyatakan sangat baik, 14 responden (87,5%) yang menyatakan baik dan 1
rsponden (6,25%) yang menyatakan tidak baik. Meskipun ada yang menyatakan tidak baik yang berarti tidak
membawa dampak positif, namun tidak begitu nampak pada program yang diselenggarakan.Wahyuningsih Dewi Hermawati