Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:29:27ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-29T08:11:09Z2019-01-30T00:17:31Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21846This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/218462015-06-29T08:11:09ZPENERAPAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN
AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MATERI KREATIVITAS
DALAM TINDAKAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VII C SMP N 11 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas VII C di SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan menerapkan strategi kreatif produktif dalam dan 2) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan strategi kreatif produktif di kelas VII C SMP Negeri 11 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII C SMP N 11 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiga tahap dalam setiap siklusnya
yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi metode. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif model Miles Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata persentase keseluruhan indikator keaktifan dan kerjasama siswa mencapai 75%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan strategi kreatif produktif yang
dilakukan melalui beberapa tahapan strategi kreatif produktif yaitu orientasi, eksplorasi, intrepretasi, rekreasi dan evaluasi. 2) Peningkatan aktivitas belajar
siswa terlihat pada siklus I menunjukkan 72,05% dan siklus II mencapai 91,61% dengan gain percentage sebesar 0,7% (kategori tinggi). Keberhasilan tersebut terlihat pada peningkatan aktivitas belajar siswa pada aspek visual, oral, listening, writing ,motor, mental, dan emotional activities. Hal ini berarti bahwa rata-rata
persentase telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%.
Kata kunci: aktivitas belajar, strategi kreatif produktif, pembelajaran IPSEndrawati Dewi