Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:45:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-14T02:57:17Z2019-10-01T11:47:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34494This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/344942016-06-14T02:57:17ZLAPORAN KEGIATAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 1 NANGGULANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan latihan kependidikan
bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari program studi
kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL bertujuan untuk
memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih
dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/
tenaga kependidikan. Diharapkan PPL dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai
pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan,
mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap,
pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan
mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan
kependidikan.
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta telah melakukan kegiatan
sosialisasi sebelum kegiatan PPL berlangsung antara lain pra-PPL melalui mata kuliah
micro teaching dan observasi di sekolah baik observasi proses pembelajaran di kelas
maupun observasi lingkungan sekolah. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada semester
khusus dimulai pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Pelaksanaan
program PPL yang dilaksanakan di SMK N 1 Nanggulan telah terkoordinir dengan
baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung dengan baik dan lancar.
Dalam kegiatan PPL, telah dilaksanakan 4 kali proses pembelajaran di kelas X.
Proses pembelajaran dilakukan secara terbimbing bersama guru pembimbing dengan
mata pelajaran produktif “Mengerjakan Dasar-Dasar Pengerjaan Bengkel
Elektronika”. Sebelum praktik mengajar, dibuat persiapan mengajar, Silabus dan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta memelajari materi yang akan
diajarkan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan
antara lain mencakup dasar elektronika, standar operasi prosedur, identifikasi catu daya
dan praktik pembuatan catudaya. Selain melakukan kegiatan PPL, mahasiswa
praktikan juga melakukan kegiatan lain yang berhubungan dengan jurusan pendidikan
elektro yakni pawai HUT kemerdekaan RI serta kunjungan industri bagi kelas XI
Elektronika Industri.
Selama kegiatan PPL berlangsung praktikan menggunakan kurikulum KTSP
2006 sebagai panduan mengajar. Dengan metode dan model pembelajaran
konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan pengerjaan jobsheet.Dewangga Fatah Adhi Perdana Dewangga Fatah Adhi Perdana