Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:38:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-14T06:10:31Z2019-10-01T11:47:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34547This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/345472016-06-14T06:10:31ZLAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
SMP NEGERI 4 WATESPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) di instansi/lembaga dilaksanakan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kependidikan (in service training). Dengan keterpaduan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pembentukan kompetensi bagi mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri lebih dini untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan-kegiatan PPL dapat melengkapi pemberdayaan diri mahasiswa dalam menuju kompetensi profesionalisme. Dengan kegiatan-kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mampu mengabdikan diri di lingkungan lembaga/satuan pendidikan dengan bermodalkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan.
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus hingga 11 September 2015 di SMP N 4 Wates. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas IX A, IX B, IX C, dan IX F. Materi yang diajarkan pada kelas IX A, IX B, IX C, dan IX F adalah Kondisi perkembangan negara di dunia termasuk di dalamnya Perang Dunia II dan materi tentang Usaha-usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, Think-Pair-Share, STAD, dan Indeks Card Match. Sebagai pendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media seperti gambar-gambar, video, LKS, dan power point. Banyak kendala yang dihadapi selama PPL seperti pengkondisian kelas. Peserta didik sulit untuk dikendalikan karena terlalu ramai. Akan tetapi hal ini bukan menjadi suatu hambatan yang berarti dan dapat diatasi dengan baik.
Selama kegiatan PPL berlangsung terdapat hal-hal positif dan negatif yang didapatkan, hal-hal positif tersebut diantarannya yaitu mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bekerja di lapangan, pelatihan diri untuk bekerja sama dalam kelompok. Sedangkan hal-hal negatifnya adalah kurang optimalnya pelaksanaan program kerja terkait dengan waktu pelaksanaan dan koordinasi dengan pihak sekolah. Transportasi, Komunikasi. Pada kesempatan PPL ini praktikan juga memiliki kesempatan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, dan berbagai macam perangkat pembelajaran.Devi Wakhyuningtiyas Devi Wakhyuningtiyas